Kamis, 07 Januari 2010

Korban Penganiayaan Polisi di Kediri Tuntut Keadilan

Basar Suyanto, pelaku pencurian satu buah semangka di Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur, mempertanyakan proses hukum terhadap Ajun Inspektur Dua Marwan. Hingga kini dia masih merasakan sakit pada rusuk kanannya akibat penganiayaan anggota polisi tersebut.

Ditemui di rumahnya, Kamis (7/1), Basar mengaku belum bisa memaafkan perbuatan Aipda Marwan, anggota Kepolisian Daerah Jawa Timur yang menghajarnya bersama Kholil saat terpergok mencuri satu butir semangka, 21 September 2009. “Sampai sekarang rusuk saya masih sakit,” kata Basar kepada Tempo.

Bapak dua anak ini mengisahkan bahwa perutnya menjadi sasaran pemukulan oleh Aipda Marwan yang merupakan adik kandung pemilik tanaman semangka Ny Darwati. Setelah terkapar karena tendangan Marwan, rusuk kanannya juga diinjak beberapa kali sebelum anggota polisi itu mengeluarkan pistol.

Akibat penganiayaan tersebut, hingga kini Basar masih merasakan nyeri pada rusuknya. Dia mengaku belum pernah memeriksakan kondisinya dengan alasan enggan keluar kampung.

Hari-harinya dihabiskan untuk menjadi buruh tani dengan membersihkan rumput dan menanam padi milik tetangganya. “Lumayan untuk menambah kebutuhan dapur,” ungkap Basar yang mengantongi uang Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu per hari dari pekerjaan itu.

Kini, meski dia dan tetangganya Kholil tidak menyimpan dendam kepada keluarga Ny Darwati, keduanya tetap tidak bisa melupakan kekejaman Marwan. Basar berharap suatu saat pengadilan bisa membuktikan pengaduannya yang selama ini dibantah Kejaksaan Negeri Kediri.

Jaksa Penuntut Umum kasus tersebut, Dwianto, hingga kini masih berkeyakinan jika pengakuan mereka tentang penganiayaan tersebut tidak benar. Menurut kesaksian Marwan, saat itu dia dalam keadaan lepas dinas sehingga tidak mungkin membawa senjata api. “Keterangan mereka tidak bisa dibuktikan,” kata Dwianto.

HARI TRI WASONO


sumber tempo

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya