Selasa, 26 Januari 2010

Istri Tewas & Suami Dipenjara

Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal.
Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal.

"Kasus yang menimpa saudara Lanjar Sriyanto ini kasus hukum yang muatannya struktural. Pembuatan BAP-nya terjadi penyimpangan. Penyebab kematian Saptaningsih, istri Lanjar, tidak dimasukkan. Dengan demikian seolah-olah ini kecelakaan tunggal," ujar Taufiq, kepada wartawan di Solo, Senin (11/1/2010).

Dia menilai ada unsur kesengajaan dalam pembuatan BAP menyimpang tersebut. Karena mobil isuzu panther yang menabrak Saptaningsih setelah terpental dari motor adalah milih seorang anggota polisi di jajaran Polres Ngawi. Dalam kasus ini mobil tersebut tidak dijadikan barang bukti.

Mobil isuzu panther tersebut adalah milik Pandi Widodo yang direntalkan. Setelah kejadian, Pandi menemui adik kandung Saptaningsih untuk membuat kesepakatan penyelesaian kekeluargaan atas kasus tersebut. Kesepakatan dengan tanda tangan diatas materai tersebut dibuat 29 September 2009.

"Kasus pidana berorientasi pada kebenaran materiil. Penyebab kematiannya apa, harus jelas. Apa karena jatuh atau karena ada isuzu panther yang tidak pernah dihadirkan dalam persidangan itu. Lagipula kalau memang tidak merasa bersalah, kenapa pemilik mobil panther itu minta damai dengan terdakwa. Kalau bersalah, kenapa tidak ada berkasnya," lanjut Taufiq.

Dalam persidanggan berikutnya yang direncanakan Kamis mendatang, tim pengacara akan mengajukan penangguhan penahanan kepada hakim. Selain karena alasan-alasan formil, alasannya lainnya terdakwa adalah tulang punggung keluarga dan mempunyai tanggungan seorang anak yang masih kecil.

Selanjutnya pengacara juga akan meminta dihadirkannya polisi penyidik yang melakukan olah TKP untuk mengetahui secara persis penyebab kematian, anggota polisi pemilik mobil isuzu panther yang mengajak kesepakatan damai dengan keluarga, serta sopir mobil isuzu panther.

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya