Selasa, 26 Januari 2010

Lanjar Serahkan Uang Terima Kasih ke Oknum Polisi

Lanjar Sriyanto (35) yang didakwa lalai hingga menyebabkan istrinya tewas dalam kecelakaan, tak henti-hentinya menghadapi cobaan.

Mungkin sudah kepalang basah, apa yang sempat dia kemukakan di berbagai media soal penyerahan uang kepada penyidik Satlantas Polres Karanganyar, disampaikan pula kepada tim Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jateng.

Lanjar tak lagi menunjukkan keraguan ketika dicecar berbagai pertanyaan petugas Propam Polda, di rumah kontrakannya di Jalan Jambu Raya VI, Jajar, Laweyan, Jumat (22/1). Diselingi makan, minum dan merokok, dia terlihat santai untuk menceritakan apa yang ditanyakan petugas.

Berbagai hal dikemukakan sejak dia menjalani proses hukum, mengurus jasa raharja untuk istrinya, hingga ada kompromi uang ''terima kasih'' untuk polisi yang menguruskan surat kelengkapan sebagai syarat mendapatkan jasa raharja.

Tim Propam Polda Jateng yang dipimpin seorang perwira berikut anggotanya berjumlah sekitar 4 personel, datang ke tempat tinggalnya sejak Jumat pagi.

Terurai jelas dalam pemeriksaan bahwa Lanjar yang kerap dipanggil Gandung mengaku telah menyerahkan uang Rp 1 juta kepada penyidik.

Semula uang sebagai bentuk ucapan terima kasih itu diserahkan petugas berinisial K. Namun yang bersangkutan tidak menerimanya secara langsung. Uang tersebut kemudian diterima penyidik lainnya. Nama penyidik yang menerima uang dari Lanjar dikemukakannya kepada petugas Propam secara jelas. Nama yang disebut Lanjar berinisial Y.

Bukan hanya buruh bangunan yang didakwa lalai menyebabkan istrinya, Saptaningsih tewas dalam kecelakaan tersebut yang diperiksa. Adik iparnya, Taru Kristianto (35) juga dimintai keterangan.

Taru yang merupakan adik kandung almarhumah Saptaningsih, dimintai keterangan tim Propam di Poltabes Surakarta. "Di Poltabes, kami hanya pinjam tempat," tegas salah satu penyidik yang tidak mau menyebut namanya.

Taru dimintai keterangan seputar penyerahan ''uang keikhlasan'' berdasar sepengetahuannya. Meski mengaku tidak mengetahui persis saat Lanjar menyerahkan uang Rp 1 juta kepada penyidik, setidaknya dia mengetahui sejak dari rumah ketika Lanjar memasukkan uang Rp 1 juta ke dalam amplop.

Sepulang dari Kantor Satlantas Polres Karanganyar, Lanjar menceritakan kepada adik iparnya itu kalau uangnya sudah diserahkan kepada petugas. "Apa yang saya dengar dan yang saya ketahui, semuanya sudah saya ceritakan kepada petugas Propam dan tidak ada kendala," tegas Taru dalam pesan singkatnya.

sumber suaramerdeka.com

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya