Jumat, 19 Februari 2010

Tak Profesional, Polisi Jangan Cuma Cari Mudah


Polisi Rekayasa Kasus.

Kisah sedih pemulung Chairul Shaleh maupun kasus Aan yang mengindikasikan kuat polisi merekayasa kasus menunjukkan ketidakprefesionalan kepolisian. Polisi diminta untuk lebih matang menyelidiki suatu kasus, tidak sekedar mencari mudahnya saja.

"Ini menununjukan tidak profesionalnya kepolisian dalam menangani masalah. Harusnya serumit apapun, polisi bisa mengungkap hal-hal dibalik itu. Jangan dicari mudahnya saja," ujar pengamat kepolisian dari Universitas Indonesia (UI) Bambang Widodo saat berbincang dengan detikcom, Jumat (18/2/2010).

Menurutnya, masalah rekayasa menyangkut profesionalitas dan menunjukkan independensi kepolisian masih lemah. "Kalau nggak ada bukti, jangan dipidana dulu. Kalau profesional tentu logikanya jalan," katanya.

Bila logika terhadap seorang pemulung misalnya, dia tidak ada logikanya memiliki narkoba, maka selidiki dulu sampai matang. "Bisa kemungkinan mereka menganggap pemulung tidak akan merepotkan menimbulkan problem apa-apa karena tidak akan ngomong ke sana kemari. Tapi masyarakat kan memantau," jelasnya.

Bambang mengingatkan, kasus polisi merekayasa pernah terjadi pada tahun 1970. Kasus Sum Kuning, seorang perempuan penjual jamu bernama Sumariyem yang diperkosa anak-anak pejabat di Yogyakarta. Kepolisian saat itu mencoba merekayasa kasus tersebut dan Sumariyem justru yang dipidanakan.

"Kita ingatkan, jangan sampai kembali lagi seperti tahun 1970," imbuhnya.
(amd/Rez)

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya