Selasa, 29 Desember 2009

Selama 2009, 60 Polisi Depok Langgar Disiplin

Sepanjang 2009, Polres Depok menggelar 36 kali sidang pelanggaran disiplin yang dilakukan anggota polisi. Sedikitnya sebanyak 60 anggota Polres Depok dan jajarannya dikenakan hukuman disiplin karena berbagai kasus, salah satunya pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM).

Hal itu berupa kekerasan yang kerap dilakukan oleh polisi saat proses penyidikan. Pelanggaran disiplin yang paling mencuat adalah kasus penembakan supir angkutan kota D 102 jurusan Lebak Bulus-Limo saat penggerebekan judi. Dalam kasus tersebut, 10 anggota Polsek Limo Depok, menjalani sidang disiplin.

Kasus lainnya adalah insiden salah tangkap yang dilakukan tiga anggota Polsek Beji terhadap penulis buku dari komunitas bambu JJ Rizal. Ironisnya, JJ Rizal terbukti dipukul polisi saat diperiksa.

Kepala Unit Pelayanan Pengaduan Penegakan Disiplin (P3D) Polres Depok AKP Ngadi mengatakan, hukuman 60 anggota polisi tersebut bervariasi, baik tahanan husus 21 hari, penundaan kenaikan pangkat selama satu hingga dua periode, dan demosi atau mutasi.

"Landasannya adalah PP RI Nomor 1, 2, dan 3 tahun 2003 serta Peraturan Kapolri. Jadi memang tidak boleh ada kekerasan,” tegasnya kepada wartawan di Polres Depok, Selasa (9/12/2009).

Pelanggaran disiplin lainnya, kata Ngadi, adalah berupa keberpihakan terhadap kasus tertentu, pencemaran nama baik polisi, serta meninggalkan tugas selama 30 hari. "Ini pasti bisa menimbulkan efek jera, dan kasus pelanggaran disiplin bisa lebih menurun," tandasnya.

Sesuai data Polres Depok, kasus pelanggaran disiplin yang terjadi sepanjang 2009 menurun 15 persen dibanding tahun lalu. Tahun 2008, Polres Depok menggelar sidang disiplin sebanyak 42 kasus pelanggaran disiplin.
(teb)


sumber okezone

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya