Sabtu, 02 Januari 2010

POLDA RIAU PECAT 42 POLISI SELAMA 2009

Kepolisian Daerah (Polda) Riau telah memecat secara tidak hormat sebanyak 42 anggotanya yang bermasalah dan dinilai mempermalukan nama baik institusi itu.

Kapolda Riau Brigjen Pol Adjie Rustam Ramdja di Pekanbaru, Jumat, mengatakan pelanggaran yang banyak terjadi menyangkut kode etik.

"Pemecatan paling banyak anggota tingkat Bintara yang mencapai 39 orang," katanya.

Berdasarkan data Polda Riau, kasus yang melibatkan anggota kepolisian selama tahun 2009 mencapai 189 kasus. Selain melibatkan anggota di tingkat Bintara, terdapat juga kasus yang melibatkan perwira pertama (Pama), perwira menengah (Pamen) dan PNS di lingkungan Polda.

Namun setelah dilakukan proses penyidikan, lanjutnya, sebanyak tujuh orang dari Pamen dinyatakan tidak terbukti. Sedangkan untuk kasus anggota Pama, sebanyak 13 orang dilakukan penyelidikan. Sebanyak enam anggota Pama terbukti bersalah, namun hanya tiga orang yang dipecat dan sisanya diberikan sanksi kode.

Untuk kasus yang melibatkan anggota Bintara mencapai 105 orang. Setelah diproses, sebanyak 105 terbukti bersalah dan 39 diantara dipecat dengan tindak hormat.

"Pemerian sanksi telah diberikan mulai dari yang teringan hingga pemecatan," ujarnya.

Ia mengatakan kasus yang melibatkan anggota kepolisian terungkap berkat laporan masyarakat ataupun dari internal kepolisian. Kapolda berjanji akan tidak akan pandang bulu dalam menindak anggota kepolisian yang terbukti bersalah.

Menurut dia, profesionalisme korps Polri harus terus ditingkatkan dan tidak ada tempat untuk polisi yang melakukan pelanggaran hukum.

"Polisi adalah pamong masyarakat, bukan untuk membuat takut masyarakat," katanya. (T.F012)

sumber news.id.finroll.com

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya