Sabtu, 12 Desember 2009

Citra Kinerja Polisi Didominasi Kekerasan dan Korupsi

Pemukulan sejarawan Universitas Indonesia JJ Rizal oleh oknum polisi di Depok menambah catatan buruk kinerja Kepolisian Indonesia. Aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) Emerson Yuntho mengatakan, kasus ini melengkapi catatan kepolisian yang didominasi isu perilaku kekerasan dan koruptif.

"Fenomena ini yang dominan kami cermati dari kasus-kasus yang ada," katanya dalam diskusi mingguan Trijaya FM di Warung Daun Cikini, Sabtu (12/12). Oleh karena itu, yang kini harus diperjuangkan oleh pemerintah dan masyarakat sipil adalah mendorong reformasi total di tubuh kepolisian, mulai dari sistem rekrutmen, hingga pengawasan dan pembinaan.

Emerson menyoroti kasus salah pukul yang dialami Rizal mungkin saja bisa selesai karena dirinya dekat dengan media atau berasal dari kalangan akademisi. Akan tetapi tidak terbayangkan kalau itu terjadi pada orang biasa. "Lagipula, kalau preman menganiaya saja diproses, apalagi polisi. Harusnya ditindak tegas,," tandasnya.

JJ Rizal yang juga hadir dalam diskusi itu menyesalkan bahwa kasus yang menimpanya justru dilakukan oleh oknum dari institusi yang paling sering kontak dengan masyarakat. "Ternyata, menurut data Komnas HAM, pelanggaran HAM di 2008 itu paling banyak dilakukan oleh polisi. Kasus saya ini refleksi pendidikan dasar di polisi itu sudah rusak," ujarnya.

sumber kompas

1 komentar:

pak muliadi mengatakan...

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل


KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.الالله صلى الله عليه وسلموعليكوتهله صلى الل

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya