Rabu, 09 Desember 2009

Pencuri Semangka Terima Pengembalian Uang "Damai" dari Polisi

Keluarga Basar Suyanto, terdakwa pencurian satu buah semangka di Kediri mengaku menerima pengembalian uang suap dari anggota Kepolisian Sektor Mojoroto. Uang senilai Rp 500 ribu tersebut sempat diberikan kepada oknum anggota polisi untuk menyelesaikan kasusnya.

Suminem, 37, istri Basar Suyanto mengatakan beberapa hari lalu dia didatangi anggota Polsek Mojoroto berinisial PR di rumahnya Kelurahan Bujel, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri. Kedatangan itu untuk mengembalikan uang senilai Rp 500 ribu yang sempat diminta PR untuk menyelesaikan perkara yang menjerat suaminya saat masih ditangani Kepolisian Sektor Mojoroto. "Uang itu dikembalikan setelah kasusnya sering diberitakan," kata Suminem kepada Tempo, Rabu (9/12).

Menurut Suminem, uang tersebut diserahkan kepada PR untuk biaya pencabutan laporan pencurian. Saat itu PR menyebutnya sebagai biaya ganti rugi kehilangan semangka milik Darwati. Karena berharap suaminya segera dibebaskan, Suminem berusaha memenuhi permintaan tersebut. "Saya pinjam kanan kiri," kata ibu dua anak yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga ini.

Sri Widayati, 32, adik ipar Basar Suyanto membenarkan pengakuan tersebut. Bahkan menurutnya nilai ganti rugi itu terus bertambah menjadi Rp 1 juta hingga Rp 5 juta. Namun karena tidak memiliki biaya untuk membebaskan Basar, pihak keluarga memilih pasrah dan merelakannya dipenjara.

Wakil Kepala Kepolisian Resor Kota Kediri Komisaris Polisi Kuwadi membantah adanya uang damai tersebut. Dia mengaku telah memeriksa seluruh jajarannya yang menangani kasus itu dan memastikan tidak ada pungutan yang dilakukan terhadap keluarga Basar. "Saya sudah cek satu persatu," katanya.

sumber tempointeraktif

0 komentar:

Istri Tewas & Suami Dipenjara
Pengacara: BAP Lanjar Dibuat Seolah-olah Kecelakaan Tunggal. Polisi dinilai sengaja membuat penyimpangan dalam kasus kecelakaan yang menimpa Lanjar. Dalam BAP Lanjar, tidak disebutkan bahwa istrinya tewas akibat tertabrak mobil setelah terjatuh dari motor. Kecelakaan yang dialami Lanjar dibuat seolah-olah kecelakaan tunggal selengkapnya
Denda Tilang Tidak Lebih dari 50rb (INFO WAJIB DIBACA!!)
Beberapa waktu yang lalu sekembalinya berbelanja kebutuhan, saya sekeluarga pulang dengan menggunakan taksi. Ada adegan yang menarik ketika saya menumpang taksi tersebut, yaitu ketika sopir taksi hendak ditilang oleh polisi. Sempat teringat oleh saya dialog antara polisi dan sopir taksi.. selengkapnya